Berkembangnya era digital membuat semua aktivitas menjadi lebih mudah, termasuk cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan. Bagi Anda yang memiliki banyak waktu luang mungkin bisa menggunakan cara konvensional dengan mengunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
Namun, bagi Anda yang ingin lebih efisien dalam waktu maka bisa menggunakan sistem online untuk proses pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Baik secara konvensional atau sistem online, keduanya mudah untuk dilakukan jika syarat dokumen telah dipersiapkan secara lengkap.
Baca juga: Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan dan Syaratnya, Bisa Online!
Syarat Umum Pencairan BPJS Ketenagakerjaan
Sebelum membahas tentang cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda harus mengetahui terlebih dulu tentang syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan.
Berikut secara umum syarat serta dokumen yang harus dipersiapkan untuk melakukan proses pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan:
- Peserta telah mencapai usia pensiun/ mengundurkan diri / mengalami PHK / kepesertaan telah mencapai minimal 10 tahun.
- Kartu peserta ketenagakerjaan asli dan fotocopy
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) / paspor asli dan fotocopy
- Kartu Keluarga (KK) asli dan fotocopy
- Fotocopy surat keterangan pemutusan kerja dari dinas atau perusahaan atau paklaring
- Formulir klaim JHT yang datanya telah diisi secara lengkap
- Buku tabungan atau nomor rekening atas nama peserta
- Foto peserta BPJS Ketenagakerjaan ukuran 4X6 dan 3X4
- Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) asli dan fotocopy bagi peserta yang akan mengklaim saldo diatas Rp 50 juta
Semua dokumen di atas wajib dibawa atau di scan untuk syarat proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Lalu bagaimana cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan setelah semua syarat yang dibutuhkan telah terpenuhi? Berikut penjelasan lengkapnya.
Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan
Setelah semua syarat dokumen lengkap, terdapat beberapa cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Berikut diantaranya:
1. Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan
Pertama kunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
- Selanjutnya klik “Buat Akun Baru” untuk registrasi
- Kemudian login dengan akun yang telah dibuat, pastikan email dan password sudah sesuai
- Klik menu “Pengajuan Klaim”, dan isi semua data yang dibutuhkan termasuk mengunggah syarat dokumen, lalu klik submit.
- Nantinya semua data yang Anda kirim akan dilakukan pengecekan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan
- Jika semua data sudah sesuai, maka Anda akan mendapatkan notifikasi untuk jadwal wawancara melalui email atau nomor HP yang terdaftar.
- Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk ditunjukkan saat sesi wawancara secara online melalui video call
Setelah proses wawancara selesai, maka saldo BPJS Ketenagakerjaan akan dikirimkan ke rekening pribadi Anda sesuai dengan estimasi masing-masing bank.
2. Aplikasi JMO
Bagi Anda selaku peserta yang memiliki saldo dibawah Rp 10 juta, maka Anda bisa menggunakan cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO. Berikut cara penggunaanya:
- Pertama instal aplikasi JMO di Google Play Store atau App Store
- Login dengan email dan password yang terdaftar
- Pada Dashboard klik menu “Pengkinian Data”
- Cek kembali data yang muncul di menu tersebut, jika sudah sesuai klik “Sudah”
- Lakukan verifikasi data peserta, dan pilih “Selanjutnya”
- Lengkapi semua data yang dibutuhkan seperti NIK, nomor rekening, NPWP, dan yang lainnya, lanjutkan dengan klik “Konfirmasi”
- Berikutnya Anda bisa melanjutkan dengan memilih menu“Jaminan Hari Tua”, dan klik “Klaim JHT”
- Pilih alasan pengajuan pencairan JHT, klik “Selanjutnya”, dan lakukan verifikasi wajah
- Nantinya saldo JHT akan muncul di tampilan layar, klik “Selanjutnya”
- Terakhir klik “Konfirmasi” untuk proses pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan
Baca juga: Ini 4 Cara Mudah Beli Kacamata Pakai BPJS Kesehatan, Bisa Gratis?
3. Website Lapak Asik
Jika aplikasi JMO khusus untuk mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan di bawah Rp 10 juta. Maka, cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan dengan saldo di atas Rp 10 juta yaitu bisa melalui website Lapak Asik. Berikut cara lengkapnya penggunaanya:
- Kunjungi website resmi Lapak Asik di https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/
- Lengkapi data diri secara lengkap seperti nama , NIK, serta nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
- Unggah semua syarat dokumen, termasuk pas foto terbaru. Gunakan format JPG/JPEG/PNG dengan ukuran maksimal 6 MB
- Setelah semua data lengkap, maka Anda akan mendapatkan jadwal untuk sesi wawancara online.
- Siapkan semua dokumen asli untuk verifikasi saat sesi wawancara melalui video call
- Terakhir tunggu proses pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan ke rekening pribadi.
4. Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan
Mengunjungi kantor cabang merupakan salah satu cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara konvensional. Anda bisa ikuti langkah lengkapnya di bawah ini:
- Siapkan dan bawa semua syarat dokumen yang dibutuhkan
- Kunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat
- Isi formulir klaim JHT secara lengkap
- Ambil nomor antrian untuk penyerahan berkas dan wawancara
- Setelah proses verifikasi dan wawancara selesai Anda akan mendapatkan bukti tanda terima
- Tunggu proses pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan ke rekening Anda. Masing-masing memiliki estimasi waktu yang berbeda sesuai dengan jenis rekening yang digunakan.
5. Klaim Prioritas
Sama halnya saat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan di kantor cabang, Anda juga bisa memanfaatkan layanan klaim prioritas sebagai salah satu cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan secara konvensional.
Namun, layanan klaim prioritas tidak bisa digunakan oleh semua peserta. Layanan ini diperuntukan bagi wanita hamil, lansia, dan peserta yang sedang sakit. Berikut langkah-langkah lengkapnya:
- Kunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat pada hari kerja sesuai dengan jam operasional masing-masing kantor cabang
- Pastikan semua syarat dokumen yang dibutuhkan telah dibawa secara lengkap
- Informasikan kepada petugas tentang kondisi Anda
- Selanjutnya petugas akan memberikan nomor antrian untuk layanan klaim prioritas
- Selanjutnya verifikasi berkas, dan sesi wawancara
- Terakhir, tunggu proses pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang akan dikirim ke rekening pribadi Anda selaku peserta
6. Bank Kerja Sama (SPO)
Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan yang terakhir selain mengunjungi kantor cabang terdekat yaitu dengan mengunjungi bank yang telah bekerja sama dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan. Berikut informasi dan cara lengkap yang bisa Anda lakukan:
- Kunjungi bank terdekat di lokasi Anda yang sudah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan
- Bawa semua syarat dokumen yang dibutuhkan, lalu informasikan ke petugas tentang tujuan Anda datang ke bank tersebut
- Petugas akan melakukan proses wawancara dan verifikasi dokumen yang Anda bawa.
- Terakhir, Anda tinggal menunggu saldo BPJS Ketenagakerjaan cair ke rekening pribadi yang didaftarkan.
Penting untuk diketahui agar Anda tidak memberikan informasi pribadi kepada orang lain, selain petugas resmi BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan data oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.
Baca juga: BPJS Tidak Aktif? Ini 4 Cara Cepat Mengaktifkannya Lagi!
Demikian informasi tentang cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan serta syarat lengkap dokumen yang harus dipersiapkan. Cara mencairkannya pun tidak serumit yang Anda bayangkan kan?
Dapatkan informasi menarik lainnya tentang asuransi, jaminan kesehatan, perencanaan keuangan, hingga investasi hanya di Moxa, aplikasi keuangan terintegrasi dari Astra Financial. Download Moxa di smartphone kamu sekarang dan nikmati berbagai fiturnya mulai dari pinjaman, kredit, investasi, hingga asuransi.