Cukup banyak orang yang tidak tahu apa itu paklaring, jika Anda salah satunya maka Anda berada di tempat yang tepat.
Paklaring adalah surat yang diberikan kepada seorang karyawan yang telah mengundurkan diri (resign), pensiun, dan pemberhentian hubungan kerja (PHK). Dokumen ini dinilai penting dikarenakan memiliki fungsi yang cukup krusial. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak selengkapnya di bawah ini.
Sebelum lanjut membaca apa itu paklaring, agar memudahkan Anda dalam mencari pekerjaan Anda bisa melengkapi surat paklaring dengan surat SKCK. Baca artikelnya di sini Cara Membuat SKCK 2023, Siapkan Syarat Berikut Ini!
Apa Itu Paklaring?
Paklaring adalah sebuah dokumen tertulis yang menyatakan seseorang pernah bekerja disebuah perusahaan pada jangka waktu tertentu.
Umumnya paklaring berisikan data berupa nama, jabatan, dan juga informasi tentang masa kerja karyawan tersebut. Surat paklaring biasanya dibuat oleh HRD pada perusahaan. Dengan kata lain, surat ini tidak dibuat secara sembarangan, harus sepengetahuan oleh HRD dan atasan.
Fungsi Paklaring
Berikut ini adalah beberapa fungsi dari surat paklaring yang sangat penting bagi para karyawan:
1. Melamar Pekerjaan Baru
Terdapat banyak perusahaan menggunakan paklaring sebagai salah satu dokumen syarat melamar pekerjaan. Terutama bagi kamu yang memiliki jabatan sebagai supervisor atau di atasnya.
Oleh karenanya, pada saat kamu mengajukan resign, pastikan kamu mendapatkan paklaring sebelum benar-benar meninggalkan perusahaan. Surat ini menjadi salah satu bukti dari pengalaman kerja kamu di perusahaan sebelumnya.
2. Dokumen Pelengkap untuk Beasiswa
Fungsi kedua adalah sebagai salah satu syarat untuk mengajukan beasiswa bagi kamu yang akan melanjutkan studi. Namun biasanya dokumen ini hanya bersifat menjadi pelengkap saja.
3. Mengajukan Pinjaman
Paklaring juga merupakan salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman pada beberapa institusi keuangan. Hal tersebut dimaksudkan agar bank dapat mengukur kemampuan debitur dalam membayar kredit sehingga tidak akan terjadi kredit macet,
4. Mengajukan Kartu Kredit
Tidak berbeda dengan mengajukan pinjaman, bagi kamu yang ingin mengajukan kartu kredit juga bisa saja dimintai paklaring hingga slip gaji. Tentunya, sebagai dokumen pendukung untuk dapat meyakinkan pihak institusi keuangan jika kamu nantinya mampu membayar tagihan bulanannya.
5. Mengurus Pencairan BPJS Ketenagakerjaan
Surat paklaring merupakan dokumen penting yang nantinya dapat digunakan untuk mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua). Kamu perlu melampirkan surat paklaring mulai dari fotokopian yang telah kamu legalisir hingga menunjuk surat aslinya. Tanpa adanya paklaring, proses pencairan nantinya akan terancam tertunda.
Isi Paklaring
Isi dari paklaring dapat berbeda-beda pada setiap perusahaan. Namun, format dasarnya sebenarnya tidak jauh berbeda. Berikut adalah beberapa komponen yang menjadi isi paklaring:
- Kop surat
- Nomor surat
- Isi surat
- Tanda tangan dari yang berwenang di perusahaan
Syarat Membuat Paklaring
Kamu akan mendapatkan paklaring jika sudah memenuhi beberapa persyaratan. Berikut di bawah ini syarat membuatnya:
1. Minimal Bekerja Selama 1 Tahun
Paklaring hanya dapat diberikan jika kamu (karyawan) yang sudah bekerja selama 1 tahun. Karyawan dengan masa kerja di bawah dari 1 tahun akan dianggap tidak memenuhi kriteria. Hal tersebut tentunya juga sejalan dengan etika dalam berkarier. Namun, aturan ini bisa saja berbeda di setiap perusahaan.
2. Performa Kerja Baik
Performa kerja yang baik sangat penting untuk bisa mencapai waktu kerja tertentu. Jika sejak awal performa sudah kurang, tentu akan sulit untuk kamu lulus masa probation, apalagi untuk melanjutkan kontrak hingga satu tahun.
3. Resign secara Baik
Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan paklaring adalah dengan cara mengundurkan diri secara baik-baik. Maksudnya adalah seperti kamu mengikuti aturan one month notice dari perusahaan, mengajukan surat pengunduran diri sesuai ketentuan, dan tidak melanggar aturan-aturan lainnya.
Apabila kamu mengundurkan diri dengan cara seperti kabur, tentunya kamu tidak akan bisa mendapatkan surat paklaring yang sebenarnya merupakan hak karyawan.
4. Memenuhi Seluruh Kewajiban sebelum Resign
Setelah mengajukan resign, biasanya ada waktu beberapa lama sebelum kamu benar-benar berhenti bekerja. Biasanya masa ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai kewajiban kerja yang belum selesai.
Selain itu, umumnya juga dimanfaatkan untuk proses hand over pekerjaan ke rekan kerja yang akan menggantikan. Pastikan kamu memenuhi semua kewajiban tersebut agar nantinya tidak ada masalah dalam pengeluaran paklaring.
Setelah membaca serba-serbi tentang surat paklaring, kami menyarankan Anda untuk membaca artikel ini agar pencarian pekerjaan Anda semakin lancar. Baca artikelnya di sini Khusus Fresh Graduate! Ini Ukuran Pas Foto untuk Melamar Kerja
Yuk baca tips dan informasi seputar keuangan dan bisnis, investasi, asuransi, dan lainnya hanya di Blog Moxa. Moxa adalah aplikasi keuangan terintegrasi dari Astra Financial yang sudah mendapatkan izin dan diawasi OJK sehingga dijamin aman. Download Moxa sekarang juga dan nikmati berbagai fiturnya seperti asuransi online dan investasi reksa dana.