Jika Anda ingin berkembang di YouTube dan meningkatkan strategi pemasaran video Anda, Anda harus mengetahui apa itu YouTube Studio dan kegunaannya. Untuk mengaksesnya, Anda harus masuk ke YouTube dan mengklik foto ikon Anda di sudut kanan atas layar utama. Sebuah menu akan muncul dan YouTube Studio akan menjadi opsi ketiga yang tercantum di dalamnya.
Apa itu YouTube Studio? Bagaimana cara menggunakannya? Apa saja fitur-fitur yang tersedia di dalamnya? Semua jawaban dari pertanyaan tersebut akan diulas lengkap dalam pembahasan berikut ini.
Baca juga: Gaya Hidup Minimalis Marie Kondo dalam Mengelola Keuangan
Ketahui Apa Itu YouTube Studio dan Kegunaannya
Apa itu YouTube Studio?
YouTube Studio adalah alat yang disediakan oleh YouTube untuk dapat mengelola channel Anda sendiri. Anda dapat menemukan semua informasi yang Anda butuhkan untuk menganalisis sejumlah besar data di dalamnya.
Selain itu, jika Anda dianggap sebagai mitra oleh platform, Anda dapat mulai memonetisasi channel Anda, menganalisis penghasilan Anda, dan mengunduh musik gratis untuk digunakan dalam video Anda.
Apa yang Dapat Anda Lakukan di YouTube Studio?
Jika Anda ingin meningkatkan strategi pemasaran video Anda, YouTube Studio cocok untuk Anda. Sangat penting untuk mengetahui dengan tepat apa yang ditawarkannya sehingga Anda dapat memanfaatkannya sepenuhnya. Berikut ini beberapa fitur terpenting yang bisa Anda temukan di YouTube Studio.
1. Kelola Channel Anda
YouTube Studio hanya memungkinkan Anda untuk memantau akun channel yang Anda masuki, tetapi jika Anda memiliki beberapa akun, Anda dapat dengan mudah beralih di antara keduanya dengan masuk dan mengklik gambar Anda di sudut kanan atas. Sebuah menu akan muncul dan memberikan Anda opsi untuk mengubah akun Anda.
2. Melihat Analisis
Analytics adalah salah satu fitur utama YouTube Studio. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat kinerja channel Anda dan menganalisis pemirsa, penayangan, tayangan, dan keterlibatan, serta memberikan informasi tentang pelanggan dan waktu pemutaran video Anda.
Untuk mengakses analitik, cukup klik pada bagian “statistik” pada dasbor di sisi kiri layar. Baik Anda adalah perusahaan dengan channel bermerek atau pembuat konten individu, memantau analitik sangat penting untuk merencanakan strategi.
3. Edit, Program, dan Unggah Video
Dengan YouTube Studio, Anda dapat mengedit dan mengunggah video, serta menjadwalkannya untuk dipublikasikan pada hari dan waktu tertentu. Meskipun benar bahwa aplikasi ini tidak memiliki alat pengeditan lanjutan, namun memungkinkan Anda untuk melakukan pengeditan dasar di mana Anda dapat menambahkan potongan, menggabungkan bingkai, menambahkan layar akhir, mengaburkan, elemen video, atau audio.
Sedangkan untuk mengunggah video, meskipun Anda dapat melakukannya melalui aplikasi seluler, kami sarankan Anda melakukannya dengan komputer. Untuk melakukannya, buka tab “Buat” yang terletak di sebelah foto profil Anda di sudut kanan atas.
4. Mengaktifkan Perizinan Akses untuk Beberapa Pengguna
Di tingkat perusahaan, ini adalah fitur yang sangat berguna dari YouTube Studio. Untuk mengaktifkannya, Anda harus pergi ke bagian “Izin” pada panel “Pengaturan” yang terletak di menu sebelah kiri. Setelah Anda berada di sana, klik opsi “Kelola izin”. Setelah Anda mengautentikasi akun Anda, klik tanda “+” untuk mengundang pengguna lain.
5. Menyusun Playlist Anda
Daftar putar atau playlist adalah cara terbaik untuk menjaga channel Anda tetap teratur bagi pemirsa Anda. Daftar putar memungkinkan pengikut dan pemirsa untuk dengan mudah menavigasi channel Anda dan mengidentifikasi video yang mereka minati. Untuk membuat daftar putar Anda, cukup klik “Daftar” dan kemudian “Daftar putar baru”.
6. Mengelola Komentar
Melalui YouTube Studio, Anda juga dapat menentukan cara menyaring komentar yang ditinggalkan pengguna di video atau channel Anda. Anda dapat mengizinkan komentar apa pun, meminta komentar tersebut melalui moderasi sebelum dipublikasikan, atau menonaktifkan sepenuhnya.
7. Tambahkan Teks ke Video Anda
Untuk meningkatkan strategi pemasaran video Anda dan membuat konten Anda menjangkau pemirsa di negara lain, Anda harus menambahkan subtitle dalam bahasa negara tempat merek Anda hadir serta pasar yang ingin Anda masuki.
8. Sembunyikan Channel Anda
Jika Anda baru saja membuat channel dan hanya memiliki beberapa video, perlu waktu untuk membuat konten yang cukup untuk membuat audiens tertarik pada akun Anda. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah menyembunyikan channel Anda sampai ada materi yang cukup.
Untuk melakukannya, buka panel “Pengaturan” yang terletak di menu. Kemudian, klik “channel” dan “Pengaturan lanjutan”. Terakhir, pilih “Hapus konten dari channel Anda” dan Anda akan dapat menghapus atau menyembunyikan channel Anda dari publik.
9. Mengakses Bagian Berita
Creator Insider adalah channel untuk berita YouTube Studio. Di sini, Anda dapat menemukan informasi terbaru tentang fitur-fitur terbaru platform, baik untuk YouTube Studio maupun YouTube secara umum. Kami sarankan Anda sering-sering memeriksanya untuk memastikan Anda tidak melewatkan apa pun.
Baca juga: Ini Dia Rekomendasi 11 Aplikasi untuk Melacak Lokasi HP!
Perbedaan Antara YouTube Studio dan Channel YouTube
YouTube Studio diperuntukkan bagi pembuat konten. Ini memungkinkan mereka untuk mengelola semua yang ada di channel mereka. Sementara itu, channel YouTube adalah tempat pengguna dapat menonton video, membagikannya, dan berinteraksi dengan pembuat konten dan pemirsa lainnya.
Singkatnya, channel YouTube adalah panggung utama, dan YouTube Studio adalah di belakang layar. Segera setelah Anda membuka akun YouTube, Anda akan memiliki akses langsung ke YouTube Studio. Anda tidak perlu mengunggah sejumlah video atau mencapai jumlah pelanggan minimum.
YouTube memberi Anda akses ke sana sejak awal sehingga Anda dapat berkembang secepat mungkin. Meskipun Anda membuka akun dengan tujuan hanya untuk mengomentari video di channel favorit Anda, Anda akan secara otomatis memiliki akses ke YouTube Studio dan dapat mengupload video kapan pun Anda mau.
Jika Anda membuka akun YouTube untuk melihat video, mengomentari video, dan berinteraksi dengan komunitas, channel YouTube sangat cocok untuk Anda. Di sisi lain, jika Anda ingin membuat konten, Anda harus memiliki akses ke channel YouTube dan YouTube Studio (untuk mengelola akun Anda).
Berikut ini adalah perbedaan utama antara Youtube Studio dan Channel Youtube:
- YouTube (dan channel YouTube) adalah jejaring sosial, sedangkan YouTube Studio adalah alat untuk menganalisis dan mengelola channel YouTube.
- Dengan memiliki channel YouTube, Anda dapat membagikan, menyukai, dan mengomentari video. YouTube Studio memungkinkan Anda menganalisis, mengedit, menjadwalkan, dan mengunggah video, di antara hal-hal lain yang terkait dengan pembuatan dan kontrol konten.
- Seperti jejaring sosial lainnya seperti Instagram atau TikTok, YouTube telah merancang ruang di mana mereka yang ingin membuat konten dapat melakukannya dengan mudah sambil memiliki akses ke berbagai fitur. Dengan YouTube Studio, setiap pengguna yang memiliki akun dapat mengunggah konten, menganalisis hasil, dan mengelola akun.
- Baik merek maupun kreator individu menggunakan YouTube untuk meningkatkan kesadaran merek untuk bisnis mereka dan memonetisasi channel mereka. Kemampuan kreator untuk menghasilkan uang dari channel YouTube mereka adalah insentif utama bagi pengguna.
- Jika strategi pemasaran video Anda dibatasi oleh format platform sosial seperti Instagram, Facebook, atau TikTok, YouTube akan memberi Anda ruang baru dengan banyak fitur untuk membuat konten yang unik dan menarik.
Dengan mengetahui apa itu YouTube Studio dan kegunaannya, tentu Anda bisa mengembangkan skill melalui layanan digital marketing secara umum, ataupun mengkaji platform video marketing ini secara spesifik. Kelola dan kembangkan channel Youtube yang Anda miliki lebih mudah dengan adanya YouTube Studio.
Dapatkan informasi menarik dari artikel Moxa lainnya. Download aplikasi Moxa untuk memudahkan kamu menikmati berbagai fiturnya. Nikmati kemudahan untuk mengajukan kredit dan pinjaman, beli asuransi, dan berinvestasi hanya dengan satu aplikasi.